Ketahanan Pipa HDPE Terhadap Suhu dan Tekanan

No Comments

Ketahanan Terhadap Suhu

Suhu sering menjadi elemen terpenting dalam instalasi pipa HDPE. Meski tak mempengaruhi secara keseluruhan, faktor ini sering berdampak pada kualitas tekanan pipa. Jangan heran, jika meski telah sesuai memilih material pipa dengan nilai tekanan sama, dalam penggunaan jangka waktu tertentu, pipa jebol karena tekanan yang terlalu besar.

Ketahanan Pipa HDPE Terhadap Suhu dan Tekanan https://www.hargapipaair.com

Kualitas tekanan pipa pada produk pipa berbahan dasar polyethylene berdensitas tinggi. Karena pada dasarnya suhu ideal lingkungan sekitar untuk instalasi pipa jenis ini adalah kurang lebih sekitar 20°C.

Untuk jenis pipa berbahan dasar ini tidak disarankan digunakan di suhu lingkungan yang mencapai 60°C atau diatasnya. Dengan kondisi ini, bahan pipa cenderung mengalami penurunan kualitas. Dampaknya akan berpengaruh pada kualitas secara keseluruhan dan usia penggunaan. Dalam kondisi dingin, pipa cenderung akan mengeras. Karena itu, dibawah suhu 20°C, biasanya pipa HDPE akan memiliki kualitas tekanan cenderung prima.

Ketahanan Terhadap Tekanan

Pipa HDPE Maspion https://www.hargapipaair.com

Selanjutnya adalah Ketahanan Pipa HDPE terhadap tekanan. Pipa HDPE sendiri memiliki ketahanan sampai dengan 16 Bar. Jenis tekanan dibagi menjadi beberapa nominal, yaitu :

Tekanan Pipa HDPE PN-6,3

Ukuran tekanan pipa ini, merupakan jenis pipa HDPE paling kecil. Merupakan jenis tekanan pipa jenis HDPE paling kecil, dengan nominal tekanan 6.3 kg/cm2. Jenis pipa ini memiliki tebal dinding paling tipis dengan diameter pipa mulai dari 3 inch (90mm) hingga 24 inch (630mm). Dibandingkan dengan jenis yang lainnya, harga dari pipa ini juga lebih murah. Digunakan untuk aliran air bertekanan rendah atau tanpa tekanan. Terkadang pipa ini juga sering digunakan untuk pelindung kabel karena tebal dinding pipa lebih tipis dibanding jenis lain.

Tekanan Pipa HDPE PN-8

Jenis pipa ini tersedia untuk tekanan 8 bar atau 8 Kg/cm2. Tersedia untuk diameter 75 mm hingga 630 mm saja. Merupakan jenis pipa dengan ketebalan dinding pipa tertipis kedua setelah PN 6,3 . Cocok untuk saluran air bertekanan rendah atau tak sampai 8 Kg/cm2 atau 8 bar.

Tekanan Pipa HDPE PN-10

Jenis ini merupakan varian tekanan pipa HDPE yang paling sering digunakan. Tekanan pipa sekitar 10 Kg/cm2 dengan jenis diameter 50mm hingga 630mm. Popularitas jenis pipa ini di pasar, membuat stok sering berlimpah, jadi sangat mudah ditemukan. Bisa digunakan untuk semua jenis saluran air yang memiliki tekanan dan bisa digunakan untuk penyambungan dengan jenis pipa yang lainnya.

Tekanan Pipa HDPE PN-12,5

Tekanan pipa HDPE 12,5 kg/cm2 paling cocok bila alternatif tekanan 10 Kg/cm2 dianggak kurang besar sedikit. Jenis pipa ini cocok digunakan pada saluran air yang di daerah perkotaan hingga daerah yang kontur tanahnya sulit. Ukuran pipanya tersedia untuk ukuran 50 mm sampai 630 mm. Walaupun tulisannya 12,5 bar, namun jenis tekanan ukuran pipa HDPE ditoleransi hingga 1,5 kalinya. Dan hal ini juga berlaku untuk jenis pipa yang lainnya.

Tekanan Pipa HDPE PN-16

Tekanan pipa ini dikenal dengan tekanan pipa 16 bar atau jenis dengan ketebalan dinding paling besar. Semua ukuran diameter produk pipa memiliki tekanan ini atau untuk diameter 1/2 inch (20mm) hingga 24 inch (630mm). Pipa dengan tekanan yang besar ini digunakan untuk saluran air yang tekanannya besar. Bahkan bisa digunakan untuk saluran air yang siap konsumsi.

HUBUNGI KAMI

Office: (031) 9989-4287
HP     : 0812-3307-8263
pipa@solusibersama.co.id

BEST SOLUTION

SOLUSI TERBAIK UNTUK PIPA ANDA

Kami menawarkan pelayanan dan harga yang terbaik untuk setiap kebutuhan anda. Kami akan menunjukkan totalitas kami kepada anda. Kami siap membantu anda dan memberikan Solusi untuk proyek yang anda kerjakan. Kami juga siap membantu untuk keperluan Lelang Proyek

141-00-1644430-9

An. SOLUSI BERSAMA

More from our blog

See all posts

Leave a Comment